112.761 Warga Tak Tersentuh Pendidikan

112.761 Warga Tak Tersentuh Pendidikan

\"putusBENGKULU, BE - Kantor Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu mencatat 112.761 warga Bengkulu  tidak tersentuh dengan pendidikan.  Hal tersebut mempengaruhi kualitas hidup masyarakat tersebut. \"Angka ini  berdasarkan hasil SP 2010 dan penghitungan pengelolaan Program Morpac BKKBN penduduk berumur lima tahun ke atas,\"  kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Dra  Widati melalui Kasubag Penetapan Parameter BKKBN Bengkulu Agus Supardi,  kemarin.

Diketahui, jumlah kelompok umur 5-9 tahun yang belum pernah mengeyam pendidikan mencapai 112.761 jiwa dan penduduk yang tidak melanjutkan sekolah mencapai 1.014.480 jiwa.  Kelompok umur 7-44 tahun yang belum mengeyam pendidikan mencapai 21.225 orang.

\"Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat bisa  menghambat target pencapaian tujuan Millenium Developmen Goals (MDGs) 2015,\" katanya.

Ia mengatakan, dalam Deklarasi Milenium itu merupakan hasil kesepakatan kepala negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dijalankan pada September 2000, berupa delapan butir tujuan untuk dicapai pada tahun 2015.

Targetnya adalah tercapai kesejahteraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada 2015.  Target ini merupakan tantangan utama dalam pembangunan di seluruh dunia yang terurai dalam Deklarasi Milenium, dan diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000 tersebut.

Kasubbid KIE BKKBN Bengkulu Sohibi mengatakan, sasaran pembangunan millenium itu bertujuan menanggulangi kemiskinan dan kelaparan dan mencapai pendidikan dasar untuk semua masyarakat.  \"Kita mendorong kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, dan membangun kemitraan global untuk pembangunan,\" katanya. (100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: